Pada dasarnya tujuan utama akreditasi adalah agar ‘kualitas” diintegrasikan dan dibudayakan ke dalam sistem pelayanan di rumah sakit. Survei akreditasi merupakan suatu kegiatan untuk mengevaluasi sejauh mana pelayanan di rumah sakit telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan Departemen Kesehatan sehingga rumah sakit tersebut layak dikatakan berkualitas.
Hal tersebut diungkapkan oleh dr. Adib Abdulah Yahya, MARS selaku Ketua Tim Surveior dan sekaligus mewakili Direktur Eksekutif Komisi Akresitasi Rumah Sakit (KARS) pada acara pembukaan pelaksaan survei Akreditasi RS Panti Rapih 11 Agustus yang lalu.
Acara pembukaan yang dilaksanakan di Gedung Antonius Lantai 2 Rumah Sakit Panti Rapih tersebut dihadiri oleh seluruh Direktur, para dokter, pejabat struktural, dan panitia kelompok kerja akreditasi RS Panti Rapih. Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama RS Panti Rapih, dr. Teddy Janong, M.Kes., dalam sambutannya mengatakan bahwa RS Panti Rapih senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan mutu dan profesionalitas pelayanan. Upaya peningkatan pelayanan dilakukan selain dengan menyediakan fasilitas dan infrastruktur yang semakin modern,juga dengan dengan meningkatkan profesionalisme pelayan kesehatan / SDM serta upaya peningkatan mutu sesuai dengan standar yang berlaku, antara lain akreditasi dan ISO.
Survei akreditasi yang dilaksanakan pada tanggal 11 – 14 Agustus 2010 ini dilakukan oleh empat orang surveior dari KARS yaitu: dr. Adib Abdullah Yahya, MARS; dr. Chairul Hamzah, SpTHT; dr. C. Prabani Setiodrestiono, Sp.B; dan Ibu Gandauli Panggabean, SKM., MARS. Enam belas pelayanan yang disurvei meliputi: administrasi dan manajemen; pelayanan medis; pelayanan gawat darurat; pelayanan keperawatan; pelayanan rekam medis; pelayanan kamar operasi; pelayanan laboratorium; pelayanan radiologi; pelayanan perinatal resiko tinggi; pengendalian infeksi di rumah sakit; pelayanan farmasi; kesehatan dan keselamatan kerja serta penanggulangan bencana; pelayanan rehabilitasi medis; pelayanan intensif; pelayanan gizi; dan pelayanan darah.
Ibu Valentina Dwi Yuli Siswiyanti, M.Kes., sebagai Direktur Pelayan Kesehatan dan Infrastruktur dan sekaligus sebagai Ketua Umum Panitia Akreditasi RS Panti Rapih mengungkapkan bahwa persiapan akreditasi ini dilakukan sudah hampir satu tahun. Pada kesempatan ulang tahun RS Panti Rapih yang ke-81 tahun ini, panitia akreditasi mengusulkan kepada Manajemen RS Panti Rapih untuk mengajukan permohonan ke KARS agar penilaian akreditasi dapat dilakukan tahun ini. Disamping itu, dengan diakreditasi maka RS Panti Rapih telah memenuhi salah satu ketentuan regulasi yang ada yaitu memenuhi ketentuan pada pasal 40 Undang-Undang nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit.
Pada kesempatan terpisah, Direktur Utama RS Panti Rapih mengharapkan bahwa dengan akreditasi ini diharapkan seluruh karyawan RS Panti Rapih membudayakan pelayanan yang berkualitas agar para pasien yang dilayani memperoleh keselamatan.
Dijumpai saat menghadapi pelaksanaan survei, hamipr semua kelompok kerja dari 16 kelompok kerja akreditasi yang ada merasa stress saat penilaian akan dilaksanakan. Banyak diantara anggota kelompok kerja yang lembur terus menerus dalam beberapa hari terakhir untuk bisa menyelesaikan dokumen yang dipersyaratkan dalam standar akreditasi. Tidak sedikit diantara mereka yang terpaksa harus tidur di rumah sakit untuk menyelesaikan tugas tersebut. Akhirnya penilaian tersebut dapat terlaksana dengan lancar dan tidak ada hambatan yang bermakna. Beberapa catatan kekurangan yang ditemukan saat penilaian dapat segera diperbaiki oleh kelompok kerja maupun oleh manajemen.
Pada exit converence Surveior menyampaikan masukan-masukan yang perlu ditindaklanjuti oleh manajemen maupun oleh seluruh pelayan kesehatan Rumah Sakit Panti Rapih. Salah satu masukan yang disampaikan adalah berkaitan dengan Program Kerja / Rencana Kegiatan yang belum menginduk pada visi dan misi rumah sakit serta arah kebijakan manajemen. Dokter Adib selaku ketua Tim Surveior menyatakan bahwa saat ini Tim Surveior tidak bisa menyampaikan hasil survei tersebut karena hasil survei akan diserahkan ke KARS dan sekitar satu bulan yang akan datang KARS akan menyampaikan hasil akreditasi untuk RS Panti Rapih. Namun apapun hasilnya, seluruh pelayan kesehatan RS Panti Rapih telah berjuang dan berusaha untuk meyiapkan yang terbaik sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
Semoga segala usaha baik yang sudah kita lakukan akan disempurnakan oleh Tuhan dan berkenan Bagi-Nya. (JW) |