Simulasi Bencana Gempa Rumah Sakit Panti Rapih

Ortopedik & Traumatologi

RS Panti Rapih melayani penggantian sendi lutut dan pinggul, pelurusan tulang belakang, serta peyambungan tulang.

Urologi

Unit bedah urologi melayani tembak batu ginjal dengan ESWL dan penanganan batu ginjal dengan metode PCNL.

Kesehatan Ibu dan Anak

Pelayanan yang bertujuan untuk mengoptimalkan luaran ibu dan bayi dengan pengamatan kehamilan berkelanjutan untuk mencapai “Healthy Mother and Healthy Baby”

testing testing
Workshop Keselamatan Pasien dan Manajemen Resiko Klinis

Download Form Workshop disini.

Workshop
“Keselamatan Pasien dan Manajemen Resiko Klinis”

Pendahuluan
Gerakan keselamatan pasien dalam konteks pelayanan kesehatan saat ini diterima secara luas di seluruh dunia. Tak kurang organisasi kesehatan dunia (WHO/World Health Organization) menegaskan pentingnya keselamatan dalam pelayanan kepada pasien dan telah meluncurkan program World Alliance for Patient Safety pada tahun 2004. Di dalam program itu dikatakan bahwa keselamatan pasien adalah prinsip fundamental pelayanan pasien sekaligus komponen kritis dalam manajemen mutu.

Di Indonesia sendiri, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) telah membentuk Komite Keselamatan Pasien Rumah Sakit (KKP-RS) pada tanggal 1 Juni 2005, dan telah menerbitkan Panduan Tujuh Langkah Menuju Keselamatan Pasien. Panduan ini dibuat sebagai dasar implementasi keselamatan pasien di rumah sakit. Gerakan keselamatan pasien rumah sakit (KKP-RS) sendiri dicanangkan pada seminar nasional PERSI tanggal 21 Agustus 2005 di Jakarta.

Dalam perkembangannya, Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Departemen Kesehatan telah pula menyusun Standar Keselamatan Pasien Rumah Sakit dalam instrumen Standar Akreditasi Rumah Sakit. Akreditasi rumah sakit saat ini adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi setiap rumah sakit sebagai amanat Undang-undang no. 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Keselamatan pasien sebagai suatu sistem di dalam rumah sakit sebagaimana dituangkan dalam instrumen standar akreditasi rumah sakit ini diharapkan memberikan asuhan kepada pasien dengan lebih aman dan mencegah cedera akibat melakukan atau tidak melakukan tindakan.

Secara rutin, PERSI dan KKP-RS bekerja sama dengan KARS dan IMRK (Institut Manajemen Resiko Klinis) menyelenggarakan Paket Bimbingan dalam bentuk workshop kepada rumah sakit untuk implementasi tujuh langkah keselamatan pasien rumah sakit. Sebagian besar workshop  ini diadakan di Jawa Barat, sehingga cukup memberatkan bagi rumah sakit yang berada selain di Jawa Barat. Oleh karena itu, Komite Medis Rumah Sakit Panti Rapih bekerja sama dengan Panitia Keselamatan Pasien Rumah Sakit Panti Rapih berinisiatif membawa pelatihan ini ke Yogyakarta untuk meningkatkan aksesibilitas rumah sakit di sekitar DIY dan Jawa Tengah terhadap program keselamatan pasien rumah sakit ini.

Peserta
Peserta workshop ini adalah dokter, perawat, dan pejabat struktural di rumah sakit.

Kurikulum dan Jadwal
Pelatihan diselenggarakan dengan ceramah menggunakan multimedia dan studi kasus interaktif dalam kelompok. Dengan metode ini diharapkan para peserta dapat Iangsung mengaplikasikan Tujuh Langkah Keselamatan Pasien Rumah Sakit. Workshop dimulai hari Kamis, 14 Oktober 2010 pukul 08.00 dan selesai Sabtu, 16 Oktober 2010 pukul 13.00. Materi workshop adalah:
1.    Patient safety is a key component of Risk Management
2.    State of The Art Patient Safety (Seven Steps)
3.    Standar Keselamatan Pasien Rumah Sakit
4.    Instrumen Akreditasi pelayanan keselamatan pasien Rumah Sakit
5.    Membangun kesadaran akan nilai keselamatan pasien (Langkah 1 Keselamatan Pasien)
6.    Memimpin dan mendukung staf untuk komit dan fokus pada Keselamatan Pasien Rumah Sakit (Langkah 2 Keselamatan Pasien)
7.    Integrasi Manajemen Risiko
(Langkah 3 Keselamatan Pasien)
8.    Sistem Pelaporan di Rumah Sakit (Langkah 4 Keselamatan Pasien)
9.    Komunikasi dengan Pasien  (Langkah 5 Keselamatan Pasien)
10.    Belajar dan berbagi pengalaman keselamatan pasien (Langkah 6 Keselamatan Pasien, Incident Investigation: Simple Investigation & RCA)
11.    Cegah cedera melalui Implementasi keselamatan pasien rumah sakit. (Langkah 7 keselamatan Pasien, Risk Assessment & Redesign Process: HFMEA)

Pembicara
Pembicara adalah tim dari Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, Komite Keselamatan Pasien Rumah Sakit, Komisi Akreditasi Rumah Sakit, dan Institut Manajemen Resiko Klinis sebagai berikut:
1.    dr. Adib A. Yahya, M.A.R.S.
2.    dr. Nico A. Lumenta, K. Nefro, M.M.
3.    dr. Boedihartono, M.H.A.
4.    dr. Robby Tandiari, SpR-K(Onk), FIGS
5.    dr. Arjaty W. Daud, M.A.R.S.
6.    Dr. dr. Sutoto, M.Kes.
7.    dr. Koesno Martoatmodjo, SpA, M.M.
8.    dr. Luwiharsih, M.Sc.
9.    dr. H. Muki Reksoprodjo, SpOG
10.    Dr. Rokiah Kusumapradja, S.K.M.
11.    Prof. dr. Agus Purwadianto, SpF, S.H.
12.    Prof. dr. Budi Sampurna, SpF, S.H.
13.    dr. Samhari Baswedan
14.    Dr. dr. Herkutanto. SpF, S.H., LL.M.
15.    dr. M.G.S. Johan 1. Saleh, M.Sc.
16.    dr. Mus Aida, M.A.R.S.
17.    dr. Marius Widjajarta, S.E.

Fasilitas
1.    Sertifikat resmi dari PERSI, KKPRS, KARS, dan IMRK
2.    Makan siang dan coffe break setiap hari selama pelatihan
3.    Tempat workshop yang nyaman dan mendukung kegiatan pelatihan

Biaya
Biaya workshop ini adalah Rp 2.500.000,00 (tanpa penginapan) atau Rp 3.000.000,00 (dengan penginapan satu kamar berdua). Peserta menginap check in Rabu, 13 Oktober 2010 setelah pukul 13.00 dan check out Sabtu, 16 Oktober 2010 pukul 13.00.

Pendaftaran
Anda dapat menghubungi contact person kami untuk pendaftaran, yaitu: Sdri. Dewi (08164263475) pada jam kerja. Formulir pendaftaran (terlampir) di-fax ke (0274) 542077.

Download Form Workshop disini.

Workshop

“Keselamatan Pasien dan Manajemen Resiko Klinis”

Peserta

Peserta workshop ini adalah dokter, perawat, dan pejabat struktural di rumah sakit.

Kurikulum dan Jadwal

Pelatihan diselenggarakan dengan ceramah menggunakan multimedia dan studi kasus interaktif dalam kelompok. Dengan metode ini diharapkan para peserta dapat Iangsung mengaplikasikan Tujuh Langkah Keselamatan Pasien Rumah Sakit. Workshop dimulai hari Kamis, 14 Oktober 2010 pukul 08.00 dan selesai Sabtu, 16 Oktober 2010 pukul 13.00. Materi workshop adalah:

  1. Patient safety is a key component of Risk Management
  2. State of The Art Patient Safety (Seven Steps)
  3. Standar Keselamatan Pasien Rumah Sakit
  4. Instrumen Akreditasi pelayanan keselamatan pasien Rumah Sakit
  5. Membangun kesadaran akan nilai keselamatan pasien (Langkah 1 Keselamatan Pasien)
  6. Memimpin dan mendukung staf untuk komit dan fokus pada Keselamatan Pasien Rumah Sakit (Langkah 2 Keselamatan Pasien)
  7. Integrasi Manajemen Risiko
(Langkah 3 Keselamatan Pasien)
  8. Sistem Pelaporan di Rumah Sakit (Langkah 4 Keselamatan Pasien)
  9. Komunikasi dengan Pasien  (Langkah 5 Keselamatan Pasien)
  10. Belajar dan berbagi pengalaman keselamatan pasien (Langkah 6 Keselamatan Pasien, Incident Investigation: Simple Investigation & RCA)
  11. Cegah cedera melalui Implementasi keselamatan pasien rumah sakit. (Langkah 7 keselamatan Pasien, Risk Assessment & Redesign Process: HFMEA)

Pembicara

Pembicara adalah tim dari Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, Komite Keselamatan Pasien Rumah Sakit, Komisi Akreditasi Rumah Sakit, dan Institut Manajemen Resiko Klinis sebagai berikut:

1. dr. Adib A. Yahya, M.A.R.S.

2. dr. Nico A. Lumenta, K. Nefro, M.M.

3. dr. Boedihartono, M.H.A.

4. dr. Robby Tandiari, SpR-K(Onk), FIGS

5. dr. Arjaty W. Daud, M.A.R.S.

6. Dr. dr. Sutoto, M.Kes.

7. dr. Koesno Martoatmodjo, SpA, M.M.

8. dr. Luwiharsih, M.Sc.

9. dr. H. Muki Reksoprodjo, SpOG

10. Dr. Rokiah Kusumapradja, S.K.M.

11. Prof. dr. Agus Purwadianto, SpF, S.H.

12. Prof. dr. Budi Sampurna, SpF, S.H.

13. dr. Samhari Baswedan

14. Dr. dr. Herkutanto. SpF, S.H., LL.M.

15. dr. M.G.S. Johan 1. Saleh, M.Sc.

16. dr. Mus Aida, M.A.R.S.

17. dr. Marius Widjajarta, S.E.

Fasilitas

  1. Sertifikat resmi dari PERSI, KKPRS, KARS, dan IMRK
  2. Makan siang dan coffe break setiap hari selama pelatihan
  3. Tempat workshop yang nyaman dan mendukung kegiatan pelatihan

Biaya

Biaya workshop ini adalah Rp 2.500.000,00 (tanpa penginapan) atau Rp 3.000.000,00 (dengan penginapan satu kamar berdua). Peserta menginap check in Rabu, 13 Oktober 2010 setelah pukul 13.00 dan check out Sabtu, 16 Oktober 2010 pukul 13.00.

Pendaftaran

Anda dapat menghubungi contact person kami untuk pendaftaran, yaitu: Sdri. Dewi (08164263475) pada jam kerja. Formulir pendaftaran (terlampir) di-fax ke (0274) 542077.

 
Iklan
Iklan

Polling

Menurut Anda bagaimanakah pelayanan di RS Panti Rapih?
 
Iklan

Katering Gizi

Iklan

Rumah Sakit Panti Rapih, Rumah Sakit Yogyakarta, Rumah Sakit Jogja, Rumah Sakit Terbaik Yogyakarta, Rumah Sakit Unggulan Indonesia, Rumah Sakit Terbaik Indonesia, Peringkat Rumah Sakit Terbaik Yogyakarta, Peringkat Rumah Sakit Terbaik Indonesia, Rumah Sakit Panti Rapih, Sahabat Untuk Hidup Sehat, Bedah Urologi terbaik Indonesia, Bedah Urologi Terbaik Jawa, Bedah Urologi Terbaik Yogyakarta dan Jawa Tengah, Bedah Tulang Ortopedi terbaik Indonesia, Bedah Tulang Ortopedi Terbaik Jawa, Bedah Tulang Ortopedi Terbaik Yogyakarta dan Jawa Tengah, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik Yogyakarta, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik Indonesia, Rumah Sakit Murah, Rumah Sakit dengan Pelayanan Terbaik, Rumah Sakit Yogyakarta Pelayanan Terbaik, Rumah Sakit Keluarga, Rumah Sakit Tipe A, Rumah Sakit Terakreditasi A, Rumah Sakit Unggulan Masyarakat, Rumah Sakit Unggulan Masyarakat Indonesia, Rumah Sakit Unggulan Yogyakarta, Onder de Bogen