Ortopedik & Traumatologi

RS Panti Rapih melayani penggantian sendi lutut dan pinggul, pelurusan tulang belakang, serta peyambungan tulang.

Urologi

Unit bedah urologi melayani tembak batu ginjal dengan ESWL dan penanganan batu ginjal dengan metode PCNL.

Kesehatan Ibu dan Anak

Pelayanan yang bertujuan untuk mengoptimalkan luaran ibu dan bayi dengan pengamatan kehamilan berkelanjutan untuk mencapai “Healthy Mother and Healthy Baby”

testing testing
Workshop Keselamatan Pasien & Manajemen Resiko Klinis

Gerakan keselamatan pasien dalam konteks pelayanan kesehatan saat ini menjadi kebutuhan secara luas di seluruh dunia. WHO/World Health Organization menegaskan pentingnya keselamatan dalam pelayanan kepada pasien dan telah meluncurkan program World Alliance for Patient Safety pada tahun 2004, dan mengatakan bahwa keselamatan pasien adalah prinsip fundamental pelayanan pasien sekaligus komponen kritis dalam manajemen mutu.

 

Di Indonesia, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) telah membentuk Komite Keselamatan Pasien Rumah Sakit (KKP-RS) dan telah menerbitkan Panduan Tujuh Langkah Menuju Keselamatan Pasien. Panduan adalah dasar implementasi keselamatan pasien rumah sakit. Dalam perkembangannya, Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Departemen Kesehatan telah pula menyusun Standar Keselamatan Pasien Rumah Sakit dalam instrumen Standar Akreditasi Rumah Sakit. Akreditasi rumah sakit saat ini adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi setiap rumah sakit sebagai amanat Undang-undang no. 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit.

Berkaitan dengan hal tersebut, dalam rangkaian kegiatan ulang tahun ke 82 Rumah Sakit Panti Rapih, Panitia Keselamatan Pasien Rumah Sakit Panti Rapih bekerja sama dengan Komite Keselamatan Pasien (KKP-RS), PERSI, Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), dan Institut Manajemen Resiko Klinis (IMRK) kembali akan mengadakan workshop Keselamatan Pasien dan Manajemen Resiko Klinis. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Yogyakarta untuk meningkatkan aksesibilitas rumah sakit dan institusi pendidikan di DIY, Jateng, Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara.

Peserta

Peserta workshop ini adalah dokter, perawat, pejabat struktural rumah sakit, dan institusi pendidikan.

Kurikulum dan Jadwal

Pelatihan diselenggarakan dengan ceramah menggunakan multimedia dan studi kasus interaktif dalam kelompok. Dengan metode ini diharapkan para peserta dapat Iangsung mengaplikasikan Tujuh Langkah Keselamatan Pasien Rumah Sakit. Workshop dimulai hari Kamis, 8 September 2011 dan selesai hari Sabtu, 10 September 2011, di Jogja Plaza Hotel. Materi workshop adalah:

  1. Patient safety is a key component of Risk Management
  2. State of The Art Patient Safety (Seven Steps)
  3. Standar Keselamatan Pasien Rumah Sakit
  4. Instrumen Akreditasi pelayanan keselamatan pasien Rumah Sakit
  5. Membangun kesadaran akan nilai keselamatan pasien (Langkah 1 Keselamatan Pasien)
  6. Memimpin dan mendukung staf untuk komit dan fokus pada Keselamatan Pasien Rumah Sakit (Langkah 2 Keselamatan Pasien)
  7. Integrasi Manajemen Risiko
(Langkah 3 Keselamatan Pasien)
  8. Sistem Pelaporan di Rumah Sakit (Langkah 4 Keselamatan Pasien)
  9. Komunikasi dengan Pasien  (Langkah 5 Keselamatan Pasien)
  10. Belajar dan berbagi pengalaman keselamatan pasien (Langkah 6 Keselamatan Pasien, Incident Investigation: Simple Investigation & RCA)
  11. Cegah cedera melalui Implementasi keselamatan pasien rumah sakit. (Langkah 7 keselamatan Pasien, Risk Assessment & Redesign Process: HFMEA)

Pembicara

Pembicara adalah tim dari Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, Komite Keselamatan Pasien Rumah Sakit, Komisi Akreditasi Rumah Sakit, dan Institut Manajemen Resiko Klinis.

Fasilitas

  1. Sertifikat resmi dari PERSI, KKPRS, KARS, dan IMRK
  2. Makan siang dan coffee break setiap hari selama pelatihan
  3. Tempat workshop yang nyaman dan mendukung kegiatan pelatihan

Biaya

Biaya workshop ini adalah Rp 2.750.000,00 tanpa penginapan. Peserta yang dikoordinasi oleh dinas kesehatan kabupaten/kota, dinas kesehatan provinsi, departemen kesehatan, maupun lembaga donor minimal 10 (sepuluh) orang akan diberikan potongan harga khusus dan fasilitas penjemputan dari dan ke Bandara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta.

Pendaftaran

Anda dapat menghubungi contact person kami (Senin – Sabtu, pukul 09.00 – 13.00 WIB) untuk pendaftaran, yaitu: Sdri. Septi (0274) 514845 Ext. 347 atau (0274) 6655064. Formulir pendaftaran (terlampir) di-fax ke (0274) 564583.

Peserta resmi terdaftar setelah kami menerima bukti transfer. Panitia mohon maaf karena tidak menerima pembayaran on site saat acara workshop.

Download formulir workshop disini.

 

Add comment


Security code
Refresh

Iklan

Informasi Kamar

Iklan

Polling

Menurut Anda bagaimanakah pelayanan di RS Panti Rapih?
 
Iklan

Katering Gizi

Iklan

Rumah Sakit Panti Rapih, Rumah Sakit Yogyakarta, Rumah Sakit Jogja, Rumah Sakit Terbaik Yogyakarta, Rumah Sakit Unggulan Indonesia, Rumah Sakit Terbaik Indonesia, Peringkat Rumah Sakit Terbaik Yogyakarta, Peringkat Rumah Sakit Terbaik Indonesia, Rumah Sakit Panti Rapih, Sahabat Untuk Hidup Sehat, Bedah Urologi terbaik Indonesia, Bedah Urologi Terbaik Jawa, Bedah Urologi Terbaik Yogyakarta dan Jawa Tengah, Bedah Tulang Ortopedi terbaik Indonesia, Bedah Tulang Ortopedi Terbaik Jawa, Bedah Tulang Ortopedi Terbaik Yogyakarta dan Jawa Tengah, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik Yogyakarta, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik Indonesia, Rumah Sakit Murah, Rumah Sakit dengan Pelayanan Terbaik, Rumah Sakit Yogyakarta Pelayanan Terbaik, Rumah Sakit Keluarga, Rumah Sakit Tipe A, Rumah Sakit Terakreditasi A, Rumah Sakit Unggulan Masyarakat, Rumah Sakit Unggulan Masyarakat Indonesia, Rumah Sakit Unggulan Yogyakarta, Onder de Bogen

www.pantirapih.or.id