Ortopedik & Traumatologi

RS Panti Rapih melayani penggantian sendi lutut dan pinggul, pelurusan tulang belakang, serta peyambungan tulang.

Urologi

Unit bedah urologi melayani tembak batu ginjal dengan ESWL dan penanganan batu ginjal dengan metode PCNL.

Kesehatan Ibu dan Anak

Pelayanan yang bertujuan untuk mengoptimalkan luaran ibu dan bayi dengan pengamatan kehamilan berkelanjutan untuk mencapai “Healthy Mother and Healthy Baby”

testing testing
Cuci Tangan

Upaya RS Panti Rapih untuk meningkatkan Mutu dan Keselamatan Pasien

Cuci tangan Panti RapihMenurut WHO (World Health Organization), rumah sakit adalah bagian integral dari suatu organisasi sosial dan kesehatan dengan fungsi menyediakan pelayanan paripurna (komprehensif), penyembuhan penyakit (kuratif) dan pencegahan penyakit (preventif) kepada masyarakat. Rumah sakit juga merupakan pusat pelatihan bagi tenaga kesehatan dan pusat penelitian medik.

 

Di Rumah Sakit Panti Rapih tahun 2010 telah dibentuk Panitia Keselamatan Pasien dan pada Maret 2013 diubah menjadi Komite Keselamatan Pasien. Komite ini langsung berada dibawah Direktur Utama RS Panti Rapih.

RS Panti Rapih terus berupaya  untuk meningkatkan tindakan medis untuk memberikan pelayanan kepada pasien dan meminimalkan risiko pada pasien dengan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Melalui Komite Keselamatan Pasien, RS Panti Rapih ikut mendukung penerapan 6 (enam) Sasaran Keselamatan Pasien yang mengacu pada standar internasional.

Adapun yang dapat diterapkan di masyarakat adalah Sasaran 5, yakni Penurunan Resiko Infeksi Terkait Pelayanan Kesehatan dengan cara melalui kebersihan tangan. Mengapa demikian? Tangan adalah salah satu area jalan masuknya infeksi. Sehingga mencuci tangan dengan 6 langkah yang telah ditetapkan oleh WHO dengan menggunakan air mengalir dan sabun dijadikan budaya. Begitu pentingnya mencuci tangan dengan sabun bagi kesehatan, Badan Dunia PBB telah menetapkan setiap tanggal 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia.

Seberapa pentingkah mencuci tangan itu?

Tangan yang kotor bisa menyebabkan diare. Penyakit ini adalah penyebab kedua kematian pada balita. Sementara pada bayi, urutan ketiga, dan pada orang dewasa urutan kelima.

Penyakit infeksi mempunyai 2 (dua) jalan masuk ke tubuh, yakni melalui tangan dan hidung. Jika cuci tangan 6 langkah sesuai Pedoman WHO dijadikan budaya, maka mata rantai penyakit infeksi yang masuk melalui tangan akan putus. Sarana  mncuci tangan yan disarankan adalah sabun cair dan antiseptic berbasis akohol (hand sanitizer).

Tak hanya anak-anak yang malas mencuci tangan, orang dewasa pun masih sulit membiasakan diri untuk membersihkan dan mencuci tangannya. Maka Komite Keselamatan Pasien RS Panti Rapih terus melakukan Kampanye dan supervisi pentingnya mencuci tangan baik secara internal maupun kepada masyarakat.

Cara Mencuci Tangan

1. Menggunakan Antiseptik Berbasis Alkohol

Menggunakan alkohol

2. Menggunakan Air dan Sabun

Menggunakan Sabun dan Air

FOTO-FOTO KEGIATAN CUCI TANGAN

cucitangan

cucitangan

cucitangan

cuci tangan

cuci tangan

 
Iklan

Informasi Kamar

Iklan

Polling

Menurut Anda bagaimanakah pelayanan di RS Panti Rapih?
 
Iklan

Katering Gizi

Iklan

Rumah Sakit Panti Rapih, Rumah Sakit Yogyakarta, Rumah Sakit Jogja, Rumah Sakit Terbaik Yogyakarta, Rumah Sakit Unggulan Indonesia, Rumah Sakit Terbaik Indonesia, Peringkat Rumah Sakit Terbaik Yogyakarta, Peringkat Rumah Sakit Terbaik Indonesia, Rumah Sakit Panti Rapih, Sahabat Untuk Hidup Sehat, Bedah Urologi terbaik Indonesia, Bedah Urologi Terbaik Jawa, Bedah Urologi Terbaik Yogyakarta dan Jawa Tengah, Bedah Tulang Ortopedi terbaik Indonesia, Bedah Tulang Ortopedi Terbaik Jawa, Bedah Tulang Ortopedi Terbaik Yogyakarta dan Jawa Tengah, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik Yogyakarta, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik Indonesia, Rumah Sakit Murah, Rumah Sakit dengan Pelayanan Terbaik, Rumah Sakit Yogyakarta Pelayanan Terbaik, Rumah Sakit Keluarga, Rumah Sakit Tipe A, Rumah Sakit Terakreditasi A, Rumah Sakit Unggulan Masyarakat, Rumah Sakit Unggulan Masyarakat Indonesia, Rumah Sakit Unggulan Yogyakarta, Onder de Bogen

www.pantirapih.or.id